cara ukur berat badan ideal

KONSULTAN & DISTRIBUTOR
HERBALIFE ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 8330 1466
BBM : E3070873 | Line : bandarmlm


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Menghitung cara ukur berat badan ideal Berat Badan Bayi

 

Para orang tua, terutama kaum ibu sangat senang melihat bayi yang terlihat imut, montok. Biasanya yang menjadi sasaran di “jewer” adalah pipi sang bayi, karena kemontokan bayi di samping badan selalu terlihat pada bagian pipi. Seorang ibu akan merasa bangga/senang dengan bayi yang montok, sehingga selalu diusahakan memberikan makanan/minuman yang dapat mempermontok bayi. Anak/bayi gemuk, montok dapat memberi indikasi bahwa anak tersebut sehat karena asupan makan/minum cara ukur berat badan ideal yang terjaga plus gizi yang baik. Namun gemuk yang terlalu atau kegemukan tentu akan memberi indikasi lain. Terlalu gemuk yang menuju ke obesitas, dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu para orang tua harus waspada dan harus mengetahui berapa ukuran berat badan ideal (BBI) bayi atau anak kecil.

Menghitung BBI selalu dikaitkan dengan usia dan tinggi/panjang badan, namun tidak seperti pada usia remaja & dewasa, maka bagi bayi dan anak kecil panjang badan tersebut dapat dihitung secara umum menggunakan bilangan konstan sesuai dengan usia bayi dan anak tersebut.

 

BBI BAYI (USIA 0-12 bulan) : RUMUS BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

 

Misal :

1) Usia bayi 2 bln, maka BBI = (2/2) + 4 = 5 kg

2) Usia bayi 3 bln, maka BBI = (3/2) + 4 = 5,5 kg

3) Usia bayi 4 bln, maka BBI = (4/2) + 4 = 6 kg

4) Usia bayi 5 bln, maka BBI = (5/2) + 4 = 6,5 kg

 

Terlihat bahwa BBI berbanding lurus dengan usia, dimana tiap bulan pertumbuhan/pertambahan berat yang ideal bagi bayi adalah sebesar 0,5 kg. Bagaimana menjaga BBI bayi dan asupan makan/minumnya? Seorang ibu yang masih menyusui anaknya harus dapat menjaga asupan makan/minumnya yang mengandung nutrisi, gizi, zat & mineral yang bermanfaat bagi bayinya (Lihat JUS Bagi Ibu Hamil dan Menyusui). cara ukur berat badan ideal Penggunaan rumus perhitungan ini hanya dapat digunakan sampai usia bayi/anak mencapai 12 bln. Di atas 12 bulan dimana pada umumnya anak sudah berjalan & aktivitasnya sudah lebih banyak dari bayi maka digunakan rumus penghitungan yang lain.

 

BBI ANAK (USIA 1-10 tahun) : RUMUS BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

 

Misal :

1) Usia anak 1,0 thn, maka BBI = ( 1,0 x 2 ) + 8 = 10 kg

2) Usia anak 1,5 thn, maka BBI = ( 1,5 x 2 ) + 8 = 11 kg

3) Usia anak 2,0 thn, maka BBI = ( 2,0 x 2 ) + 8 = 12 kg

4) Usia anak 2,5 thn, maka BBI = ( 2,5 x 2 ) + 8 = 13 kg

 

Terlihat bahwa BBI seorang anak yang sehat setiap tahun akan bertambah sebesar 2 kg. Lebih dari itu menjadi gemuk/montok dan kurang dari itu terlihat kurus. Pada usia remaja (di atas 10 thn) rumus tsb tidak sesuai lagi karena aktivitas remaja & dewasa sudah lebih meningkat lagi.

 

 

 

http://s4bur41.blogspot.com/2009/02/cara-menghitung-berat-badan-ideal-dan.html

Pada postingan kali ini kami bawakan artikel tentang rumus menghitung berat badan ideal. Ada 2 metode yang kami bawakan. Perhitungan konvensional dan melalui Body Mass Index (index massa tubuh).

 

  1. Perhitungan Berat Ideal Konvensional

Jika Anda telah selesai menghitungnya, maka yang Anda peroleh adalah berat badan ideal yang seharusnya Anda miliki. Tapi jangan takut jika berat badan Anda tidak masuk hitungan ideal -karena hasil hitungan rumus ini adalah angka tertentu- sebab range berat badan normal yang dimiliki setiap orang adalah plus/minus 10% berat idealnya.

 

  1. Berat Badan Ideal (BBI) bayi (anak 0-12 bulan)

BBI = (umur (bln) / 2 ) + 4

 

  1. BBI untuk anak (1-10 tahun)

BBI = (umur (thn) x 2 ) + 8

 

  1. Remaja dan dewasa

BBI = (TB – 100) – (TB – 100) x 10%

atau

BBI = (TB – 100) x 90%

 

[Ket:]

TB = Tinggi badan (cm)

 

Wah, kalo data TB tidak diketahui bagaimana? Misalnya pada pasien ascites atau eudeme anasarka, kan susah tuh.. ga mungkin pake berat badan aktual (selain juga bisa konversi -30% dari BB aktual),, atau pada pasien pasca bedah, ga mungkin kita ukur tingginya.. so, Konversi dong dari nilai antropomentri Tinggi lutut atau rentang lengan.

 

TB berdasarkan Tinggi Lutut (TL)

TB Pria = 6,50 + (1,38 + TL) – (0,08 x U)

TB Wanita = 89,68 + (1,53 x TL) – (0,17 x U)

 

TB berdasarkan Rentang Lengan (RL)

TB Pria = 118,24 + (0,28 x RL) – 0,07 x U)

TB Wanita = 63,18 + (0,63 x RL) – 0,17 x U)

 

[ket:]

U = Umur (tahun)

 

  1. Berat Ideal versi Rumus BMI

Ingin menghitung BMI (Body Mass Index) Anda? BMI adalah suatu rumus kesehatan, di mana berat badan (BB) seseorang (kg) dibagi dengan tinggi badan (TB) pangkat dua (m2).

 

BMI = (BB) / (TB) * (TB)

 

Misalnya: BB = 45 kg dan TB = 165 cm, maka

 

BMI = (45) / (1.65) * (1.65) = 16.5

 

Apakah Anda termasuk kurus, normal, atau overwight? Lihat patokan di bawah ini:

 

BMI < 18.5 = berat badan kurang (underweight)

 

BMI 18.5 – 24 = normal

 

BMI 25 – 29 = kelebihan berat badan (overweight)

 

BMI >30 = obesitas

 

Ini tabel BMI-nya

 

 

 

warna biru kurang berat

 

warna hijau sehat

 

warna kuning kelebihan berat

 

warna oranye obesitas

Diposkan oleh Nayasa Ibrahim di 07.20 

Kirimkan Ini lewat EmailBlogThis!Berbagi ke TwitterBerbagi ke FacebookBagikan ke Pinterest

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

 

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Langganan: Poskan Komentar (Atom)

Arsip Blog

 

▼  2012 (93)

►  November (17)

▼  Maret (76)

Antibiotik Bukan Penyembuh Segala Penyakit

Booster ASI Edisi Ngocok Perut 😉

MARI MENYUSUN BIRTH PLAN (PERENCANAAN PERSALINAN)

Isi Kotak P3K Saat Mudik

Tentang Kencing Bayi yang Pernah Ditahnik Dengan K…

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya (4): Ba…

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya (3): Ma…

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya (2): Da…

Macam-Macam Najis dan Cara Membersihkannya (1): Ai…

Mengenal Najis

CARA MENGATASI DIARE PADA ANAK

KONSTIPASI

Hukum Menyusui Ketika Hamil

Resiko pemberian MPASI terlalu dini

Surat untuk OZA si sarjana ASI

 

Berbagai Cara Menghitung cara ukur berat badan ideal Berat Badan Ideal

 

Apakah tubuh kamu termasuk ideal? Cenderung gemuk, atau mungkin cenderung kurus? Yuk, cek berat badan idealmu dengan berbagai metode penghitungan berikut ini.

 

550a717b3cfbf29e3cdb0d81

PrecilichaProfile

August 26, 2015 Updated1150

 

Berat badan ideal seseorang bisa berbeda-beda. Hal ini bergantung pada metode penghitungan yang dipilih. Berikut ini adalah beberapa metode yang paling banyak dilakukan:

KONSULTAN & DISTRIBUTOR
HERBALIFE ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 8330 1466
BBM : E3070873 | Line : bandarmlm


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.


Rumus Body Mass Index

Body mass index atau yang biasa dikenal dengan BMI ini sudah cukup lama digunakan. Penghitungan BMI pertama kali dilakukan pada abad ke-18 dan digunakan pada perusahaan asuransi untuk mengevaluasi risiko kardiovaskular. World Trade Organization juga menggunakan cara ukur berat badan ideal indeks ini sebagai faktor risiko yang terkait dengan obsesitas, karena adanya hubungan antara BMI dengan kematian. Penghitungan BMI hanya menggunakan berat dan tinggi badan. Berikut cara menghitungnya:

IMC = berat / (tinggi x tinggi)

Sebagai contohnya adalah jika seseorang memiliki berat badan 70 kilogram dan tinggi 160 cm, maka penghitungannya adalah 70 / (1,6 x 1,6) = 27,3. Berikut ini adalah cara untuk membaca hasilnya:

 

source: http://www.medicalnewstoday.com/info/obesity/what-is-bmi.php

Sehingga jika melihat contoh kasus di atas, seseorang tersebut mengalami overweight atau berat badan berlebih. Batasan yang dianggap ideal oleh BMI berkisar pada angka 18,5 hingga 24,99.

Rumus Monnerot-Dumaine

Rumus Monnerot-Dumaine ini tidak sekedar mengukurnya melalui tinggi badan, melainkan menggunakan lingkar pergelangan tangan (CW). Berikut cara menghitungnya:

Berat ideal = (tinggi badan – 100 + (4 x CW)) / 2

Sebagai contohnya, jika masih menggunakan ukuran berat badan 70 kilogram, tinggi 160 sentimeter, dan lingkar pergelangan tangan 17 sentimeter, maka penghitungannya adalah (160 – 100 + (4 x 17)) / 2, maka berat idealnya yaitu 64 kilogram.

Rumus Broca

Rumus Broca adalah salah satu metode yang paling mudah dilakukan karena hanya mengurangi tinggi badan dengan angka 100. Berikut cara menghitungnya:

Berat badan ideal = tinggi badan – 100

Jika menggunakan ukuran berat badan 70 kilogram dan tinggi 160 sentimeter, berarti penghitungannya adalah 160 – 100, maka berat idealnya yaitu 60 kilogram.

 

source: http://blog.vitacost.com/exercise/body-measurements-what-you-need-to-know.html

Rumus Creff

Rumus yang satu ini adalah pengembangan dari rumus Broca. Pada rumus Creff, usia dan tinggi badan diperhitungkan dalam menentukan berat badan ideal. Rumus Creff bahkan memasukkan unsur poin dalam kelangsingan. Tubuh yang cenderung kurus dihitung dengan poin 0,9, normal 1, dan tubuh yang cenderung gemuk dengan poin 1,1. Berikut cara menghitungnya:

Berat ideal = (tinggi badan – 100 + (usia/10)) x 0,9 x poin.

Sebagai contohnya, jika menggunakan ukuran berat badan 70 kilogram, tinggi 160 sentimeter, berusia 25 tahun, dan cendrung gemuk, penghitungannya adalah (160 – 100 + (25/10)) x 0,9 x 1,1 maka berat idealnya yaitu 61,8 kilogram.

Rumus Lorentz

Untuk rumus Lorentz, dibedakan antara pria dan wanita dalam perhitunganya. Rumus ini juga mencoba untuk menyempurnakan rumus Broca. Berikut cara menghitungnya:

Berat badan ideal pria = (tinggi badan – 100 – ((tinggi badan – 150) / 4)

Berat badan ideal wanita = (tinggi badan – 100 – ((tinggi badan – 150) / 2)

Perlu diingat bahwa beberapa perhitungan di atas adalah sebatas perkiraan ya, karena beberapa faktor seperti kepadatan otot tubuh tidak diperhitungkan dalam metode di atas. Faktanya, kepadatan otot juga ikut berpengaruh pada ukuran berat badan. Setiap penghitungannya memiliki hasil yang  cara ukur berat badan ideal bervariasi, bahkan mungkin berbeda hingga 10 kilogram. Berat badan ideal adalah saat di mana kamu merasa sehat dan nyaman beraktivitas tanpa gangguan dengan tubuh kamu. Hubungi dokter gizi untuk menemukan jawaban dan penanganan terbaik.

MORE BEAUTY ARTICLE YOU SHOULD CHECK OUT

 

Mendapatkan Berat Badan Ideal Dengan Konsumsi Protein

Mendapatkan Berat Badan Ideal Dengan Konsumsi Protein

Estee301

Hormon Ini Mempengaruhi Berat Badan

Berat Badan Ideal Dengan Konsumsi Jus Buah

Tags:

 Berat Badan Ideal (18)

YUK, SHARE ARTIKEL INI!

 

RATE ARTICLE INI

CURRENT RATE-

KOMENTAR ARTIKEL INI10

Sort:NEWEST

 

Post your Comment…

ADD PHOTOPilih File

POST

NinaNina30 September 2015

Hitung berat badan sesuai supaya bisa diet dengan metode yang tepat

REPLY

SHARE

ElsaElsa25 September 2015

hmm, mulai berhitung buat tau angka ideal berat badanku nih…hehe

REPLY

SHARE

AnggieAnggie22 September 2015

Yang paling mendekati pakai rumus menghitung berat badan yang mana nih min

REPLY

SHARE

Putri LPutri L17 September 2015

Aku sudah coba semua cara menghitung berat badan ideal di atas, hasilnya enggak jauh berbeda dengan berat badan aku sekarang 🙂

REPLY

SHARE

InezInez9 September 2015

Berhitung berat badan biar cara ukur berat badan ideal gampang nentuin cara dietnya..hehe

 

Bentuk tubuh ideal memang menjadi dambaan bagi setiap orang, selain bagus untuk dilihat, memiliki tubuh ideal juga bagus untuk kesehatan karena sudah sesuai dengan yang dianjurkan oleh medik. Dengan mengetahui berat badan ideal anda juga dapat menentukan langkah selanjutnya apa yang cara ukur berat badan ideal harus anda lakukan untuk mencapai berat badan ideal, seperti diet bagi yang kelebihan berat badan dan cara menaikkan berat badan bagi yang memiliki tubuh terlalu kurus.

 

Nah, jika anda merasa berat tubuh anda kurang ideal, anda harus memastikan apakah berat tubuh anda sudah sesuai dengan ukuran tubuh yang anda miliki. Untuk menilai tubuh ideal, anda jangan berpatokan seperti model iklan ditelevisi, lantaran menurut studi yang dilakukan oleh sekelompok dokter dari Israel menyebutkan bahwa tubuh yang dimiliki model sangat tidak ideal dan tidak patut untuk dicontoh. Untuk itu, kali ini kita akan membahas Cara Menghitung Berat Badan Ideal, berikut caranya:

 

 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 1

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) X 90%

 

Misalkan anda mempunyai tinggi badan 165 cm, untuk mengetahui berat badan ideal anda sebagai berikut:

(165 – 100) x 90% = 58,5 kg. Jadi, berat badan ideal anda 58,5 kg

 

Untuk cara ini, apabila berat badan lebih besar 10%-20% dari berat badan ideal anda berarti anda cara ukur berat badan ideal memiliki kelebihan berat badan, jika lebih dari 20% dari berat badan ideal anda berarti anda mengalami kegemukan/obesitas, jika berat badan anda kurang 10% dari berat badan ideal anda berarti anda termasuk dalam kategori kurus.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 2

Untuk cara yang ke-2 namanya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT), caranya yaitu:

 

Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)

 

Misalkan anda mempunyai berat badan 65 kg dengan tinggi 1,65 m, maka berat badan ideal anda adalah, 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8. Selanjutnya, perhatikan angka dibawah ini:

 

<17 =  Anda kekurangan BB tingkat berat

17 =  Anda kekurangan BB tingkat ringan

18,4 – 21 =  Normal

21,1 – 27 =  Anda kelebihan BB tingkat ringan

27,1 – 30 = Anda kelebihan BB tingkat sedang

>30 =  Anda kelebihan BB tingkat berat.

Jadi, anda tergolong dalam kategori gemuk karena Indeks Massa Tubuh anda menunjukkan 23,8

Cara Menghitung Berat Badan Ideal 3

Ini adalah cara paling mudah yang dapat anda lakukan, caranya ukur lingkar pinggang anda menggunakan jengkal. Satu jengkal biasanya sekitar 20 cm, untuk lingkar pinggang wanita tidak boleh 4 jengkal (80 cm), dan untuk pria tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm).

 

Demikianlah Cara Menghitung Berat Badan Ideal, selanjutnya anda bisa membaca cara Cara Mengatasi perut buncit  bagi anda yang menginginkan lebih ramping, bagi anda yang kekurusan, tak terlalu menjadi masalah tapi jangan sampai terlalu kurus. Bagi anda yang sudah mendapatkan berat badan ideal, tetaplah konsisten menjaga bentuk tubuh anda.

 

 

Demikianlah 3 Cara Mudah Menghitung Berat Badan Ideal Mudah – mudah bermanfaat buat sahabat sekalian. cara ukur berat badan ideal

KONSULTAN & DISTRIBUTOR
HERBALIFE ORIGINAL
-------------------------------------------------
Untuk order :
HP/SMS/WA : 0813 8330 1466
BBM : E3070873 | Line : bandarmlm


PAKET HERBALIFE

Pilihan paket Herbalife yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan


PRODUK HERBALIFE

Produk-produk Herbalife ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan pastinya tidak mudah untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.